Tulisan Terbaru

Translate

Hosting Refferal

Minggu, 31 Mei 2009

Pemutaran Film Layar Anak Nusantara 2009

Bekerja sama dengan PT KONSEP LAYAR KREASI dan BEM STAIN Jurai Siwo Metro, Mulai tanggal 29-31 Mei 2009, menggelar pemutaran film karya anak bangsa baik untuk beberapa film yang sudah lawas tayang maupun film nasional yang masih tayang di bioskop Dikota metro adalah kota pertama yang digelar. Kegiatan yang diadakan oleh yayasan ini merupakan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan 100 tahun Hari Pendidikan Nasional sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan melalui media film, juga sebagai ajang meningkatkan kembali kecintaan masyarakat Indonesia terhadap film-film dalam negeri.

Gagasan layar anak nusantara ini tercipta karena keinginan untuk memberikan aspirasi terhadsap penonton film di daerah khususnya generasi muda, dengan menghadirkan nuansa bioskop ke daerah dan memutar film buatan anak negeri sendiri. Pilihan menonton punlayaknya sebuah bioskop di kota. Di tentukan oleh judul dan jam tayang, sehingga penonton bebas memilih.

Diharapkan akan ada beberapa film anak nasional yang turut serta meramaikan acara ini dan memberikan variasi pilihan ramai makin baik, walaupun tentu ada batasan logistik dan waktu. tentu acara semacam ini harus dilakukan secara berkesinambungan untuk menjaga semangat anak-anak dan berpotens untuk mengajak lebih banyak lagi pihak yang ingin terlibat untuk mendukung sasara dari gagasan bioskop keliling. Sebuah misi sosial yang bersifat mendidik dan melatih generasi muda untuk berkarya dan berkreasi bagi nusantara

Beberapa film yang diputar antara lain, Janji Joni, Laskar Pelangi, Ca Bau Kan, Gie, Petualangan Sherina, Naga Bonar Jadi 2 dan lain-lain. Hampir disetiap pemutaran tiket yang diberikan secara gratis tersebut habis bahkan menurut salah satu panitia pelaksana terkadang kekurangan. Beberapa alasan yang dikemukan oleh penonton lebih kepada alasan rasa ingin tau dan penasaran.

,p>Namun hal ini menunjukkan nampak terlihat animo masyarakat, khususnya sekitar Metro dan Lampung Timur terhadap film-film nasional. Dalam rangkaian acaranya, beberapa daerah yang jadi estafeta kegiatan pemutaran film LAYAR ANAK NUSANTARA 2009 ini akan dilanjutkan ke Singkawang, Tarakan, Gorontalo, Ternate, Sorong, Madura, Bali, Mataram, Bima, Flores dan terakhir tgl 15-17 Agustus 2009 di Jakarta. Visi Misi Workshop adalah mendidik para peserta workshop untuk dapat berkreasi dalam dunia perfilman, dan para peserta workshop dari beberapa daerah nantinya akan membuat film dokumenter maupun film lepas yang akan di festivalkan di jakarta pada tgl 15-17 Agustus 2009.

Rateknik pembuatan film, dari mulai bagaimana cara membuat/menulis naskah, mengedit film, membuat film baik dokumenter maupun film lepas dan sebagainya.adapun visi misi kegiatan layar anak nantara ini adalah membangun kecintaan terhadap film karya-karya anak bangsa,menghidupkan suasana bioskop di daerah-daerah, mengispirasikan generasi muda akan kekkuatan cinema dalam hal ini “storytelling”mengajak generasi muda untuk kembali berimajinasi dengan melakukan karangan cerita bebas,membentuk suatu komunitas cinta film,baik mulai dari kecintaan menonton,hingga membuat acara film lokal.

2 komentar:

  1. saya sama temen-temen sma sudah ada film,
    bisa ikut ditayangin gak?
    kalau bisa kirim kemana?

    BalasHapus